Berdasarkan materi terbitan, jenis koleksi yang sebaiknya tersedia di perpustakaan sesuai dengan peraturan SNI 7330-2009 poin 5.2 tentang jenis koleksi dan poin 5.3 tentang majalah ilmiah, Keputusan Mendiknas No. 234/U/2000 pasal 12 ayat (2) huruf d tentang ketentuan minimal fasilitas fisik pendidikan untuk buku di ruang perpustakaan sebagai syarat pendirian perguruan tinggi, dan buku pedoman perpustakaan perguruan tinggi mengenai ragam koleksi, yaitu:

  • Materi perpustakaan inti (koleksi bahan ajar)

Perpustakaan perguruan tinggi menyediakan bahan bacaan mata kuliah yang ditawarkan di perguruan tinggi (koleksi bahan ajar). Bahan ajar berfungsi untuk memenuhi tujuan kurikulum. Bahan ajar untuk setiap mata kuliah dapat lebih dari satu judul, karena cakupan isinya yang berbeda, sehingga bahan yang satu dapat melengkapi bahan yang lain. Di samping ada bahan ajar yang diwajibkan (bahan bacaan wajib), dan ada pula bahan ajar yang dianjurkan untuk memperkaya wawasan (bahan bacaan pengaya).

  • Materi perpustakaan pendukung tri dharma perguruan tinggi

Perpustakaan menyediakan materi perpustakaan dengan tidak memandang format maupun media, guna mendukung kegiatan pendidikan, penelitian, pengabdian masyarakat serta kegiatan dharma lainnya yang sesuai dengan program lembaga induk perpustakaan. Format maupun media sumber informasi dapat berupa cetakan, koleksi pandang dengar seperti film, slide, kaset video, kaset audio, dan pustaka renik (bentuk mikro), maupun koleksi digital seperti data yang tersimpan dalam disket, hard disk, compact disc (CD), online database. Koleksi ini disediakan untuk memenuhi kebutuhan pengguna yang memiliki gaya belajar yang berbeda-beda. Hal ini sesuai dengan peraturan standard SNI 7330-2009 poin 5.7 mengenai materi perpustakaan elektronik bahwa perpustakaan menyediakan akses sumber informasi elektronik, termasuk internet dan pangkalan data.

Menurut Kepmendiknas no. 234/U/2000, sebagai salah satu syarat pendirian perguruan tinggi adalah penyediaan buku mengenai pengembangan kepribadian (soft skill). Sedangkan Buku Pedoman Perpustakaan Perguruan Tinggi merekomendasikan perpustakaan perguruan tinggi untuk menyediakan bahan bacaan atau bahan lain untuk keperluan rekreasi intelektual mahasiswa dan bahan bacaan lain yang memperkaya khasanah pembaca. Selain itu, perpustakaan perguruan tinggi direkomendasikan juga untuk menyediakan koleksi yang menjadi minat khusus perguruan tinggi seperti sejarah daerah, budaya daerah, atau bidang khusus lainnya. Berbagai macam pustaka ini memuat kekayaan informasi yang penting, tidak saja untuk memenuhi kebutuhan kurikulum atau penelitian, tetapi juga untuk pengembangan ilmu. Koleksi itu harus selalu disesuaikan dengan perubahan program perguruan tinggi, karena masing-masing bahan tersebut mengandung informasi yang berbeda pula, terutama bila ditinjau dari tingkat ketelitian, cakupan isi, maupun kemutakhirannya. Dengan koleksi yang jumlah dan jenisnya cukup, diharapkan program perguruan tinggi dapat berjalan dengan baik.